7 Alat Pelindung Diri yang Wajib Dikenakan Pada Saat Bekerja

7 Alat Pelindung Diri yang Wajib Dikenakan Pada Saat Bekerja



Alat Pelindung Diri (APD) adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya.

Untuk dapat terhindar dari resiko cidera pada saat bekerja, sangat disarankan untuk selalu memakai alat pelindung diri yang lengkap dari ujung kepala hingga ujung kaki.

1. Helm Safety

Alat ini memiliki fungsi dalam melindungi kepala dari resiko terkena benda jatuh. Sehingga mengurangi potensi cedera atau bahkan kematian.

Safety helmet yang dimaksud disini tentunya berbeda dengan helm yang biasa dipakai untuk berkendara. Akan tetapi keduanya harus digunakan dengan cara yang benar, yaitu harus pengamannya dikaitkan hingga berbunyi klik.

Safety helmet yang digunakan umumnya adalah berjenis hard head. Material yang digunakan jauh lebih keras, oleh karena itu dapat melindungi kepala Anda dengan baik.

Selain itu safety helmet juga dibuat dengan berbagai pilihan warna cerah yang mencolok. Hal ini bukan bertujuan untuk tampil gaya - gayaan saja, tetapi dengan warna yang mencolok tersebut membuat Anda bisa dengan mudah terlihat oleh rekan yang lain.

Warna pada helm juga bisa digunakan untuk melihat jabatan si pemakainya. Misalnya ; helm merah untuk posisi mandor proyek, biru untuk pekerja instalasi listrik, kuning untuk operator, dll

2. Kacamata Safety

Fungsinya untuk melindungi daerah mata, agar partikel kecil, sinar yang menyilaukan, radiasi dan debu tidak mengganggu penglihatan. Sebagai contoh saat proses pengelasan besi.

Model dari kacamata safety ini berbeda dengan kacamata yang biasa dijual di optik. Karena lensa kacamata safety umumnya tidak bisa diganti seperti kacamata biasa. Tetapi jangan kuatir tentang model yang tersedia. Karena kacamata safety juga banyak yang memiliki model fashionable, bahkan tak jarang dipakai juga pada saat beraktivitas luar ruang.

3. Peredam telinga

Alat ini fungsinya dalam melindungi telinga ketika bekerja di daerah yang sangat bising. Sangat cocok dikenakan pada kawasan dengan tingkat kebisingan lebih dari 85 dBA. Peralatan ini bisa menekan intensitas udara yang memasuki telinga.

Untuk modelnya sendiri ada beberapa jenis diantaranya yaitu ear plug dan earmuff. Perbedaan ear plug dan ear muff adalah dalam hal bentuknya. Ear plug adalah peredam telinga yang bentuknya kecil, dan dipakai dengan cara memasukkannya di lubang telinga. Sedangkan ear muff berbentuk seperti headphone yang melindungi hingga seluruh bagian telinga.

Pekerjaan yang sering membutuhkan peredam telinga diantaranya pekerja pabrik yang bekerja di dekat mesin yang bising, pekerja konstuksi jalan raya, dan pekerja lapangan di bandara.

4. Masker

Fungsinya sebagai penutup hidung, sehingga bisa membantu penyaringan udara yang terhirup ketika sedang bekerja. Terutama di kawasan yang kualitas udaranya sangat rendah, seperti beracun dan berdebu.

Jenis pekerjaan yang umum membutuhkan masker diantaranya pemadam kebakaran, staff laboratorium, hingga pekerja tambang. Masker yang digunakan pun memiliki spesifikasi sendiri, karena mempunyai peranan yang penting dalam urusan pernafasan si pemakainya.

Beberapa jenis masker mempunyai filter yang bisa di ganti dan beberapa masker hanya satu kali pakai saja.

5. Sarung Tangan

Material sarung tangan sangat beragam, seperti karet, kulit dan kain. Fungsinya sebagai pelindung tangan dari goresan benda tajam, paparan benda dingin atau panas, bahan kimia dan aliran listrik. Sehingga tangan tidak mudah mengalami cedera atau kerusakan tertentu.

Jenis dari sarung tangan bisa dibedakan berdasarkan macam pekerjaan yang dilakukan. Misalkan pekerjaan di lingkungan bahan kimia, maka Anda membutuhkan sarung tangan dari bahan karet/rubber. Sedangkan pekerjaan pengelasan lebih cocok memakai sarung tangan dari bahan kain.

6. Jaket Pelindung dan Safety Hardnes

Fungsi jaket pelindung adalah sebagai penanda sehingga kehadiran kita bisa diketahui pekerja yang lain. Sedangkan fungsi dari safety harness adalah sebagai pengaman bagi kita saat bekerja di ketinggian. Fungsi safety harness  hampir serupa dengan safety belt, tapi alat tersebut lebih aman. Hal ini karena memiliki kelebihan dengan tali pengaman yang bisa melindungi seluruh tubuh. Jadi tidak hanya bagian pinggang saja, sehingga sangat nyaman saat dikenakan ketika bekerja di ketinggian lebih dari 2 meter.

7. Sepatu Safety

Berfungsi mirip sepatu karet, tapi sepatu ini dilapisi dengan material metal dan sol karet yang kuat serta tebal. Pada ujung kaki biasanya dilengkapi material anti hantaran listrik dan baja.

Ancaman seperti terpeselet, menginjak benda tajam, kejatuhan benda berat, tersandung, dll bisa dihindarkan dengan memakai sepatu safety.

Warna dan model sepatu safety sekarang ini sudah sangat beragam. Dan pengunanya sendiri tidak terbatas hanya pada pekerja konstruksi atau pabrik saja. Pekerja kantoran juga banyak yang memakainya karena sangat aman. Selain itu model sepatu safety saat ini juga sangat menarik. Sepatu safety model casual hingga sneakers dapat ditemukan dengan mudah.

Untuk Anda yang bingung dimana membelinya, silahkan cek website toko kami di http://sepatukanan.com

Beragam model sepatu safety, fashion boot, boot wanita, sneakers dan aksesories sepatu lainnya bisa Anda temukan disini


SepatuKanan.com Posted by SepatuKanan.com

comments to "7 Alat Pelindung Diri yang Wajib Dikenakan Pada Saat Bekerja"

Latest Articles - All Articles

Kenali 4 Tahap Kebakaran ini dan Tingkatkan Kesempatan Hidup Anda!

Api saat kebakaran biasanya menjalar dengan cepat, terutama jika dikelilingi bahan mudah terbakar.

Perhatikan hal - hal berikut saat terjadi kebakaran! dan selamatkan diri Anda!

Awas Bahaya Knalpot Mesin Diesel Untuk Kesehatan Anda !

Anda bekerja diantara mesin - mesin diesel yang selalu aktif mengeluarkan asap?

Awas! Anda harus perhatikan bahaya asapnya bagi kesehatan Anda.

7 Mitos Sepatu Yang Dapat Pengaruhi Karir dan Kekayaan Anda

Mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang judul ini. Bagaimana sepatu dapat mempengaruhi karir dan kekayaan seseorang? Terdengar tidak masuk akal, bukan?

5 Tips Memilih Jas Hujan Yang Baik dan Berkualitas

Jangan asal beli jas hujan !

Berikut ini 5 Tips memilih jas hujan yang baik, benar serta aman,,